---

Assalamualaikum Wr.wb

Welcome To My Life^_^

Rabu, 03 April 2013

Obat Versi Paracelcus

Obat dan racun itu sebenarnya satu. Yang membedakan hanyalah dosis dari senyawa tersebut yang bisa bertindak sebagai racun atau obat. Seperti kutipan terkenal di dunia kefarmasian dari paracelcus "all substance are poison, there is none that is not poison, the right dose and indication  deferentiate a poison and a remedy ".
Menentukan Dosis dan indikasi yang benar tersebutlah salah satu tugas dari Farmasis dalam pelayanan kepada pasien. Bukan hanya itu saja yang harus diperhatikan ketika anda meminum obat. 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat,seperti :

  1. Gangguan ginjal atau hati : Karena organ tersebut bertugas mengEliminasi sisa obat yang telah diminum untuk di keluarkan dari tubuh.
  2. Makanan dan minuman : ada beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan makanan dan minuman tertentu. Contohnya : Anda tidak boleh meminum obat tetracyclin dengan susu dikarenakan calsium dapat membentuk khelat dengan tetracyclin. 
  3. Tidak semua ketidaknormalan tubuh anda harus diobati dengan mengkonsumsi obat. Tanyakan kembali kepada Dokter atau apoteker terkait urgensi penyakit anda terhadap kebutuhan obat.
  4. Interaksi obat dengan obat lain, untuk interaksi obat bisa dilihat disini (Masukkan nama obat di 'add a drug' lalu akan muncul informasi interaksinya dengan obat lain. Tapi gunakan nama obat dalam bahasa inggris)
  5. Pastikan obat yang anda konsumsi tepat dosisnya dan benar indikasinya
Sedikit Informasi dari saya.
Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar